Digilabs 2020

https://youtu.be/bND3YVWnSTg Assalamualaikum wr.wb. Nama saya Misha Madya Z dari kelas 8F absen 20 dan saya akan berbicara tentang lab digital, atau singkatnya digilabs 2020. Apa itu digilabs?  digilabs adalah sebuah acara di labschool dimana orang-orang tertentu mengajarkan tentang teknologi.  Digilabs tahun ini berlangsung pada 29 September . Dan digilabs tahun ini berjudul “Teen & Tech: Navigating Digital Landscape.  Digilabs tahun ini memiliki tiga tamu yang mengajar.  Dan para tamu itu adalah Firman Ramdhani, Deswara Aulia, dan yang tak kalah pentingnya, Ninin Musa.  Kak Firman Ramdhani mengajari kami tentang Media Sosial, Pak Deswara Aulia mengajari kami tentang seni dan media sosial, dan Ninin Musa mengajari kami tentang dunia pembuatan film.  

 

Acara dimulai pukul 07.00, diawali dengan pengumuman pagi oleh Kepala Sekolah Asdi Wiharto.  Setelah diumumkan, ketua POMG mengungum.  Terakhir ada pengumuman ketua BPS Ahmad Sofyan Hanif.  Setelah semua pengumuman selesai, diadakan ceramah umum dan dialog interaktif yang dimulai pukul 7. Setiap siswa disuruh menggunakan virtual background yang diberikan kepada mereka sehari sebelum digilabs. 

 

 Ceramah umum disampaikan oleh Firman Ramdhani.  Kami tidak hanya harus mendengarkan ceramahnya, tetapi ia menanyakan pertanyaan pribadi seperti: Apa yang akan terjadi pada kami jika kami tidak menggunakan media sosial selama 1 minggu, atau bagaimana perasaan kami saat kami menggunakan media sosial, aplikasi apa yang kami gunakan  untuk belajar bersama, dan reaksi orang tua kita jika mereka melihat search history kita.  Kegiatan-kegiatan ini sebenarnya membuat keseluruhan acara menjadi tidak terlalu membosankan.  Ditambah dia berbicara sedikit tentang psikologi dan saya sangat tertarik dengan psikologi. 

 

 Ceramah umum berakhir sekitar pukul 09.30.  Kami diberi waktu sekitar 30 menit untuk makan dan istirahat.  Tapi menurut saya, waktu istirahat terlalu singkat.  Meski saat itu waktu istirahat, para siswa disuruh untuk tidak meninggalkan zoom.  Tapi, saya pergi karena kebanyakan orang meninggalkan zoom.  Bagaimanapun, setelah waktu istirahat, saya masuk ke ruang zoom. 

 

 Digilabs dilanjutkan usai istirahat pukul 10. Sesi pertama dibimbing oleh Ninin Musa.  Ia mengajari kami tentang pengalamannya di dunia film.  Ia bahkan memberi tahu kami beberapa tips and tricks tentang cara berkreasi di dunia film.  Ia menunjukkan kepada kami klip dari sebuah film dan saya pikir itu cukup keren.  

 

Sesi selanjutnya dibimbing oleh Bapak Deswara Aulia.  Ia mengajari kami tentang seni dalam membuat iklan di media sosial.  Ia mengajari kami cara membuat iklan yang bagus dan menarik.  Beberapa contoh cara membuat iklan yang bagus adalah, menggunakan CGI, efek suara yang bagus, dan masih banyak lagi.  Ada juga kompetisi untuk membuat iklan terbaik tentang pemakaian topeng.  Pemenangnya mendapat hadiah misterius.  Hanya ada 5 pemenang.  Namun hanya 6 orang yang masuk, yang menurut saya agak menyedihkan.  Karena satu fakta bahwa hanya 6 orang yang berpartisipasi dari 200+ siswa, dan dua, saya merasa kasihan untuk satu orang yang tidak menang.  Maksud saya tentu, saya tidak ikut, tapi itu karena saya tidak tertarik untuk berpartisipasi.  

 

Sekarang, waktunya untuk kesimpulan saya.  Secara keseluruhan, digilab tahun ini cukup bagus dan informatif.  Namun, menurut saya, mereka kekurangan daya tarik dan topik yang menarik minat saya.  Saya berharap digilabs tahun depan jauh lebih menarik daripada digilab tahun ini.  Ini menyimpulkan blog saya. Wasalamualaikum wr.wb.


Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman INFTK Bab 1 Misha Madya Z

Hari-Hari Pertama Masuk Sekolah

Liburan 2020