Maulid Nabi, Loketa, dan Bulba


 Assalamu’alaykum wr.wb. Nama saya Misha Madya Z dari kelas 8F absen 20 dan saya akan menceritakan pengalaman saya dengan Maulid Nabi dan Loketa Bulba di sekolah saya.  Acara berlangsung pada hari Senin, 23 Oktober 2020, menggunakan zoom.  Para siswa disuruh absen di elabscloud pada 06:50 seperti hari sekolah lainnya.  Acaranya sendiri dimulai pukul 07.00.  Dalam rapat zoom, siswa diminta untuk membuka kamera mereka.  Siswa juga disuruh memakai kopiah dan hijab (kopiah untuk anak laki-laki dan hijab untuk anak perempuan).  Tapi, karena saya selalu memakai hijab setiap hari, saya tidak perlu khawatir tentang apa pun.  

      Sebelum zoom meeting, siswa diberi background virtual untuk digunakan dalam acara tersebut.  Acara diawali dengan sambutan dari OSIS dan pembacaan Alquran dari ROHIS.  Setelah itu ada sambutan dari Kepala POMG Labschool Jakarta.  Juga ada sambutan dari Kepala SMP Labschool Jakarta, bapak Asdi Wiharto, dan Kepala BPS, bapak Sofyan Hanif.  Untuk Maulid Nabi, ada Ustadz yang memberikan ceramah tentang Maulid Nabi.  Ustadz itu adalah Ustadz Usaid Fatahurrahman.  Ia mengaku pernah melakukan ceramah di sekolah ini 1 atau 2 tahun yang lalu.  Ustadz Usaid membawakan materi tentang Maulid Nabi Muhammad SAW, karena hari itu adalah Maulid Nabi.  Ustadz Usaid memberi kami pertanyaan.  Ia melakukan itu sehingga satu-satunya hal yang kami lakukan tidak hanya diam dan mendengarkan ceramahnya.  Ceramah berlangsung selama 2 jam 20 menit, pukul 07:00 hingga 08:20.  Setelah semua itu, kami diberi waktu istirahat, sehingga kami bisa makan dan bersantai dari semua itu.  

     Usai ceramah dan istirahat, tibalah waktunya Loketa dan Bulba dimulai.  Ada beberapa opsi untuk dipilih dari kompetisi.  Di Loketa ada lomba seperti kaligrafi, komik islami, dan masih banyak lagi.  Di Bulba ada e-poster, pidato, debat, dan beberapa lainnya.  Kelas saya memaksa saya dan teman saya, Made, untuk mengikuti e-poster.  Tapi dengan semua lelucon, mereka tidak benar-benar memaksa kita.  Mereka menyarankan saya, dan ibu saya memberi tahu saya bahwa jika saya memiliki kesempatan untuk mengikuti kompetisi, Ia merekomendasikan saya untuk berpartisipasi.  Dan, saya tidak tega mengecewakan mereka.  Saya pikir itu adalah masalah di pihak saya.  Baiklah, saya memasuki rapat zoom untuk kompetisi e-poster saya.  Saya sangat gugup, sampai panik.  Mereka hanya memberi kami waktu 90 menit untuk menyelesaikan poster, dan saya tidak baik dengan tenggat waktu.  Dan plus, kompetisi ini diperuntukkan bagi orang-orang yang pandai mengedit, bukan orang yang pandai menggambar (meski menurut saya gambar saya hanya setengah layak).


  https://youtu.be/9loGxzKkCx8  Tapi, ternyata lebih mudah dari yang saya kira.  Mereka memberi kami tiga tema, dan mereka ingin kami memilih salah satunya.  Saya akhirnya mencoba untuk menjadi kreatif dan memasukkan dua tema ke dalam satu gambar.  Sebenarnya saya sedikit bangga dengan hasilnya.  Setelah kami selesai, pembawa acara meminta para kompetitor untuk mengirimkan karya kami ke google classroom.  Namun sayangnya, diumumkan bahwa saya tidak menang.  Itu diumumkan pada hari Senin, 2 November.  Tapi sejujurnya, saya agak memikirkan  itu.  Semua orang sangat mengagumkan dan jauh lebih baik dariku.  Tapi, saya rasa yang penting adalah saya mencoba, meskipun saya masih sedikit pahit karena saya tidak menang.  Bagaimanapun, setelah kami mengirim pekerjaan kami, kami diizinkan untuk pergi dan memasuki pertemuan zoom yang ditentukan untuk mendukung teman sekelas kami di kompetisi lain.  Saya disuruh masuk rapat debat.  Dan teman, perdebatan memanas saat saya masuk.  Dan saya harus mengakui bahwa saya mendukung orang lain yang tidak ada di kelas saya untuk menang.  Tapi, selain itu, saya tidak terlalu memperhatikan debat tersebut.  Nah, inilah akhir dari blog saya. Wasalamualaykum wr.wb.

 

Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman INFTK Bab 1 Misha Madya Z

Hari-Hari Pertama Masuk Sekolah

Liburan 2020